6 Jurus Ampuh Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar

Colin Rose dan Malsolm J. Nicholl dalam buku Accelerated Learning for the 21st Century: The Six-step Plan to Unlock Your Master Mind menampilkan enam jurus jitu untuk membuka kunci pikiran utama Anda yang disingkat dengan “M.A.S.T.E.R” menjelaskan bagaimana rencana sederhana bisa menjadi kunci keberhasilan kepada seseorang. Setiap siswa,orangtua, dan guru yang mengajar harus memahami keenam jurus tersebut untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran.

Jurus 1: Mind (menciptakan ketenangan dalam berpikir). Lingkungan kelas—dari guru, ruangan kelas, ruangan di luar kelas—harus saling sinergi untuk meberi ketengan pada pikiran siswa.

Jurus 2: Acquaring the Fact (memperoleh fakta). Pada proses beajar-mengajar, seorang siswa memerlukan contoh-contoh dan fakta dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, mengapa siswa harus belajar kimia bisa dijelaskan secara fakta bahwa bahan baku sabun mandi, sampo, dan semacamnya merupakan hasil dari reaksi kimia. Begitujuga komposisi tubuh kita.

Jurus 3: Search Out the Meaning (Menemukan arti yang sebenarnya). Sebaiknya, seorang guru bisa memberikan analogi dan penjelasan yang realistis terhadap maksud dan ujuan dari setiap materi pelajaran. Dengan demikian, pikiran siswa menerima dan memahami maksud dai setiap materi yang diteranan dengan cepat.

Jurus 4: Trigger the Memory (memicu memori siswa). Seorang guru harus mampu membangkitkan rasa keiingintahuan siswa dengan memberikan penjelasan detail yang lebih menarik. Pertanyaan bisa dibuat semenarik mungkin dengan bentuk permainan pertanyaan berantai. Secara otomatis, hal itu memicu setiap murid untuk bertanya dan memicu memorinya untuk merecall atau memanggil informasi di memori pikiran siswa.

Jurus 5: Exhibit (memeragakan). Seorang guru harus mampu memberikan contoh secara nyata atau dengan melatih soal-soal yang membantu siswa untuk memahami dan mendalami materi pelajaran. Ingat, dalam sebuah proses pembelajaran, siswa harus mampu memperagakan apa yang telah dipelajari. Sebuah ujian atau latihan soal adalah pencerminan dari keandalan siswa dalam memeragakan apa yang telah ia pelajari.

Jurus 6: Reflect (merefleksikan yang telah dipelajari). Seorang guru harus bisa menyimpulkan dan merefleksikan materi pelajaran yang baru diterangkan. Hal itu memudahkan siswa untuk mengingat dan memahami materi pelajaran yang baru ia peroleh. Seorang guru harus bisa memperhatikan refleksi dari siswa ketika siswa belum memahami apa yang telah diterangkan oleh guru.

Demikian 6 Jurus Ampuh Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar, Please Like and Share  artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.